SEJARAH VESPA


Piaggio didirikan pada tahun1884 di Italia oleh Rinaldo Piaggio. Pada awalnya Piaggio adalah pabrikan yang memproduksi peralatan kapal, rel kereta dan gerbong kereta api. Pada saat Perang Dunia Pertama berkecamuk, Piaggio memproduksi pesawat terbang.

Pada akhir Perang Dunia II, pabrik Piaggio di bom oleh pesawat sekutu. Setelah perang usai, Enrico Piaggio mengambil alih Piaggio dari ayahnya (Rinaldo Piaggio). Pada saat itu perekonomian Italia sedang memburuk, Enrico memutuskan untuk mendisain alat transportasi yang murah

Dibantu oleh ahli pesawat terbang Corradino D’Ascanio, Enrico menciptakan sebuah design alat transportasi roda dua dengan inspirasi dan teknologi dari pesawat terbang. Konstruksi suspensi monoshock untuk memudahkan mengganti ban diadaptasi dari roda pesawat terbang, bahkan produk pertamanya benar-benar menggunakan roda depan pesawat terbang. Starter dibuat dari bagian komponen bom, serta bodinya terbuat dari alumunium seperti bodi pesawat terbang.

Menurut berbagai sumber, Vespa di produksi pertama kali pada tahun 1945. Kata ”Vespa” berasal dari kata ”Wesp” yang berarti ”binatang penyengat atau lebah”. Memang konstruksi Vespa jika dilihat dari atas terlihat seperti lebah.

Dalam perkembangannya, Vespa tidak hanya di pasarkan di Italia, tetapi juga laris di Perancis, Inggris, Jerman, Spanyol, Brasil serta India. Karena minat konsumen yang begitu besar, Vespa juga di prosuksi di Jerman dan Inggris.

Menurut salah satu sumber yang bisa dipercaya, memang vespa sudah ada di Indonesia sejak lama tapi keberadaannya dan kemunculannya diakui. di tahun 1962 dimana Vespa VBB 150 baru diperkenalkan di dealer-dealer resmi di Indonesia. Penjualannyapun sangat aneh tidak seperti sekarang, sedikitnya jumlah Vespa di Indoensia menjadikan dealer-dealer ini memberikan vespa mereka kepada orang yang mau membeli dengan haraga tinggi. Ada juga yang mengatakan kemunculan Vespa di Indonesia pada tahun 1964 tepatnya sejak tentara perdamaian Indonesia membawa Kongo ke tanah air.???semua masih jadi pertanyaan..|

WENDY SCOTERIS KOTA TUA JAKARTA PUSAT
Poskan Komentar