Tips, Trick dan Cara Membuat Daftar Isi pada Blog WordPress

Tips, Trick dan Cara Membuat Daftar Isi pada Blog WordPress

Halaman daftar isi pada blog sangat penting peranannya. Daftar isi akan lebih memudahkan pembaca untuk mengetahui isi dari blog atau mencari artikel pada sebuah blog. Hal ini disebabkan karena daftar isi adalah halaman arsip blog yang akan menampilkan semua konten blog secara keseluruhan. Mulai dari artikel pertama sampai dengan artikel terakhir secara berurut.  Untuk membuat sebuah halaman daftar isi pada blog wordpress caranya cukup mudah. Kenapa mudah? Seperti beberapa tutorial wordpress yang saya posting sebelumnya yaitu dengan menggunakan bantuan sebuah plugin. Salah satu plugin yang bagus untuk membuat halaman daftar isi blog menurut saya adalah WP-Archives buatan Jim Penaloza Calixto. 

Plugin WP-Archive ini akan mengelompokkan daftar isi berdasarkan bulan dan tahun dan mengurutkankannya mulai dari artikel terakhir sampai dengan artikel pertama. Selian itu, di depan setiap judul artikel akan diberikan tanggal postingnya. Disampin itu, Anda tidak perlu melakukan setting terlalu banyak untuk plugin ini dan tidak meletakkan kode yang panjang juga pada halaman daftar isi nantinya. Contoh daftar isi yang dibuat dengan plugin WP-Archives ini bisa Anda lihat di halaman Daftar Isi blog ini.

Berikut cara membuat halaman daftar isi pada blog WordPress:

  1. Yang pertama perlu Anda lakukan adalah menginstall plugin WP-Archives. Untuk itu, klik Plugins » Add New.
  2. Di halaman Install Plugins, ketik WP-Archives pada kotak pencarian dan klik Search. Pada hasil pencarian klik Install pada plugin WP-Archives 0.8 buatan Jim Penaloza Calixto.

  3. Pada jendela yang muncul klik Install Now dan proses instalasi plugin akan dimulai.

  4. Setelah proses instalasi selesai, seperti biasa, klik Activate Plugin untuk mengaktifkan plugin.
Proses instalasi plugin telah selesai. Langkah selanjutnya adalah membuat halaman daftar isi. Untuk itu ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buat Page baru denga mengklik Pages >> Add New.
  2. Di halaman Add New Page berikan judul untuk halaman Daftar Isi Anda. Misalkan “Daftar Isi”, “Peta Situs”, “Sitemap” atau yang lainnya.
  3. Pada kotak post editor dibawahnya, beralihlah ke mode HTML editor dengan mengklik tulisan HTML pada sudut kanan atas editor. Kemudian masukkan kode berikut: <!–wp_archives–>

  4. Selanjutnya, publikasikan halaman daftar isi ini dengan mengklik tombol publish.
Sampai disini cara membuat halaman daftar isi pada blog wordpress telah selesai. Kini blog Anda telah mempunyai daftar isi yang akan memudahkan pembaca untuk melihat isi keseluruhan dari blog.

Tidak ada komentar: