Terbiasa SMS dan Telepon Lintas Operator, dengan Pulsa 100 ribu Cukup Nggak



indosat mobile 100rb 300x290 Terbiasa SMS dan Telepon Lintas Operator, dengan Pulsa 100 ribu Cukup Nggak
Indosat Mobile

Kayaknya jawaban dari judul di atas: nggak cukup!

Tapi, seratus ribu buat beli pulsa?? Wow, banyak banget!
Tapi angka ini, kalau kita sadari, bisa jadi pengeluaran pulsa kita jauh lebih besar.

Sebenarnya, pulsa telepon kita habis buat apa saja sih? Paling tidak ada 3 hal terkait kebutuhan kita:
1. SMS
2. Internet
3. Telepon

SMS Murah
Kalau kita lihat tarif dasar, yakni price list harga normal dari tiap operator telepon, untuk mengirim SMS ke sesama operator (maksudnya dari operator yang sama), biayanya sangat murah, bahkan bisa Rp 0,- alias gratis. Artinya hampir betul-betul sepuasnya jika sms-an antar operator.
Tapi, begitu kita telusuri harga sms BEDA operator; coba cek daftar harganya dengan teliti dengan melihat ke website resminya… Harganya ternyata, beeh, ternyata mahal. Padahal teman kita kan bukan cuma dari satu operator saja. Ada banyak teman kita, beda-beda operator. Berapa duit habis tuh kalau sms kan ke teman yang beda operator??

Internet Buat Chatting
Nah, kalau ingin hemat,maka gunakan internet saja. Maksudnya gunakan fasilitas chatting messenger gratisan. Seperti Twiter, Facebook, Whats App, We Chat, dan yang lagi gencar iklan di Indonesia: Kakao Talk dan Line. Dan kalau mau sabar, bagi pengguna Android dan iPhone bakal memperoleh BBM (BlackBerry Messanger) gratis, tis; tanpa perlu beli handset BB.
Dengan langganan internet, kita sudah bisa cek email dan kirim-kirim pesan secara gratis dengan aplikasi-aplikasi messenger gratisan. Maksudnya kirim pesannya gratis, tapi pulsa buat internet di handphone  ya tetap bayar.
Akan lebih hemat kalau kita beli sistem paket; beli paket internet. Dan ini yang harus betul-betul diwaspadai. Jangan langsung gunakan hape untuk internetan. Mengapa? Karena secara default, kalau kita langsung akses internet tanpa registrasi (atau beli paket internet), maka yang berlaku adalah biaya per bit atau bytes data yang dikirim. Dan kalau nggak teliti, inilah yang bakal menyedot pulsa kawan-kawan tip.web.id dengan cepat. Sangat cepat! Karena ada operator yang tarif dasar tanpa promo dan paket, Rp 6/KB. Artinya kalau membuka website ini saja, akan menghabiskan pulsa lebih dari Rp 1.500,- . Apalagi kalau sudah browsing, jari kita  akan lihai meng-klik sana-sini. Bayangkan berapa cepat duit habis?!

Telepon
Jelas kita perlu yang satu ini, karena merupakan fungsi dasar handphone: menelpon. Terkadang akan lebih praktis kalau dengan menelpon dibanding harus dengan mengetik pesan melalui hp. Berita baiknya, sama seperti SMS, beberapa operator memberikan tarif sangat murah, bahkan gratis, bila kita menelpon sesama operator.
Tapi, jika menelpon BEDA operator, jangan coba-coba dibiasakan bila pendapatan bulanan kita terhitung pas-pasan. Bisa dikatakan SEMUA operator mencantumkan tarif dasar yang super mahal untuk aktifitas yang satu ini. Operator telepon tertua, yang sering disebut si merah, bisa men-charge panggilan telepon yang kita lakukan hingga Rp 1.800,- untuk tiap menitnya.

Nah lho, jadi bagaimana dong solusinya??
Gini, kalau sempat menghitung penggunaan pulsa telepon; kawan-kawan tip.web.id bisa mengecek penggunaan pulsa selama sebulan.

Apakah < (kurang dari) 1.000 SMS yang dilakukan untuk SMS an lintas operator?
Apakah < 100 menit aktivitas menelpon BEDA operator?
Apakah < 100 MB jumlah data internet sebulan? Artinya sekedar untuk chatting dan rutin mengecek internet banking.

Kalau iya, coba cek Indosat Mobile yang paket BULANAN24. Yup, dari namanya saja, ini produk Indosat, bisa digunakan dari IM3 dan Mentari juga. Dengan Rp 100rb maka kita bisa dapat semua fasilitas di atas.

Perbandingan gampangnya, jika menelpon dari Indosat ke XL, maka perlu duit buat beli pulsa, paling tidak Rp 1.400,- nah, kalau 100 menit?? Paling tidak sudah perlu duit Rp 140.000,-

Ok, mungkin bukan buat telepon. Bagaimana dengan sms?
Coba lihat tarif dasar dari masing-masing operator, ambil contoh tarif dasar SMS XL  jika kita meng-sms 1.000 kali,maka kita akan menghabiskan duit Rp 150.000,-
Tanpa paket promo, ternyata banyak banget duit yang kita habiskan. Jadi, rajin-rajin cek promo tiap operator ya, supaya hemat J

*Dan kalau dirasa Rp 100.000,- sesuai dengan kebutuhan penggunaan pulsa buat berhubungan lintas operator, silahkan langsung cek ke website nya Indosat.
Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Posting Komentar